Ketemu Psikolog!

by - 6.5.17


Banyak orang berpikir bahwa orang-orang yang ke psikolog itu cuma orang 'gila'. Padahal sebenernya nggak. Dan nggak ada yang aneh dengan datang dan konsul ke psikolog. Sama aja kayak kalo kita sakit terus pergi ke dokter. Menurut saya, dengan kita datang dan konsul ke psikolog itu tandanya kita care sama diri kita sendiri. Tugasnya psikolog itu membantu kita menguraikan masalah, supaya kita bisa menemukan versi terbaik dari diri kita. A way to self acceptance and self love. Dan psikolog juga bukan cuma ngurusin soal kepribadian, ada juga yang soal karir, anak, dsb.

Salah satu cita-cita saya dulu adalah kuliah di jurusan Psikologi. Nggak, saya bukan mau jadi psikolog. Meskipun saya hobi kepoin tanya kabar temen-temen dan selalu siap pasang telinga waktu mereka curhat, saya nggak merasa cukup kompeten untuk jadi seorang psikolog. Because I'm too egocentric to be one. Saya hanya merasa bahwa jurusan itulah yang paling cocok untuk menjawab kegelisahan saya selama ini. Kegelisahan akan ketidakmengertian saya akan diri saya sendiri. Tepat seperti kata salah seorang teman SMA saya dulu, saya lebih cocok 'dibawa ke psikolog' ketimbang jadi psikolog itu sendiri. Well said, Bro 🙄




Qodarullah, saya diterimanya di jurusan Hukum. Jurusan yang sama sekali jauh dari minat saya sebenarnya (selain minat interogasi orang ya!). Tapi alhamdulillah saya udah lulus, so no need to regret. Tapi keinginan untuk konsultasi sama psikolog itu selalu ada, setidaknya untuk sedikit mengobati rasa penasaran saya dan alhamdulillah saudara saya punya kenalan psikolog. Yaudah deh, langsung hubungin beliau dan minta waktu untuk ngobrol. Setelah berbulan-bulan nyocokin jadwal, akhirnya bulan lalu saya berhasil ketemu sama psikolog kenalan saudara saya itu. Wishlist accomplished!

Pertama-tama, saya ditanya soal apa yang saya rasain dan kenapa saya pengen konsul sama psikolog. Lalu saya ditanya tentang background keluarga, interaksi sama temen-temen, dan juga ketakutan-ketakutan saya (yang nggak berdasar) selama ini.

Saya bilang bahwa saya khawatir punya indikasi bipolar karena saya anaknya moody banget. Bisa yang tiba-tiba semangat banget pengen sesuatu lalu mendadak ogah. Tapi berdasar analisa psikolognya sih saya nowhere near bipolar, ke-moody-an saya masih di level yang wajar. Alhamdulillah.

Selain itu saya juga tanya-tanya soal psikotes kerja yang seringkali membuat saya tersingkir dan jadi agak trauma (lebay sih ini, tapi serius sedih banget). Dan sama seperti kebanyakan orang lainnya yang saya tanyain, beliau bilang bahwa itu hanya karena kebetulan kepribadian saya tidak cocok dengan yang dibutuhkan perusahaan. And honestly I'm not so satisfied with that kind of answer. Tapi yaudahlah. Oh ya, terakhir saya juga diminta untuk menggambar dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan, lengkap dengan nama dan umur. Kata psikolognya, satu hal yang paling menonjol dari gambar-gambar saya adalah lemahnya self confidence, to which I'm still currently working on.

Tapi hasil lengkapnya belum dikasih tau ke saya, so maybe I'll update it here next time. Kalo hasilnya udah ada. Mengingat beliaunya udah lama nggak praktek lagi, saya nggak terlalu berharap bisa dapet hasil lengkapnya sih, karena katanya harus ubek-ubek buku panduan. FYI, saya konsulnya gratisan jadi rasanya nggak etis kalo saya terlalu demanding. Namanya juga gretongan, sob.

Selain dikasih saran untuk ngeboost rasa percaya diri, saya juga ditanya apakah saya suka nulis diary. Sebenernya dulu saya suka nulis diary tapi kadang kepentok sama mager dan sebel kalo tulisannya nggak bisa diedit (tulisan saya kalah artsy sama ceker ayam)  makanya sekarang saya lebih pewe kalo ngetik di hp. saya juga disaranin untuk lebih speak up tentang apapun yang mengganggu pikiran saya, jangan dipendam sendiri. Maka dari itu, saya memutuskan untuk aktif ngeblog lagi. Iya, lagi.

Dulu saya lumayan rajin ngeblog, ada blogspot sama tumblr juga. Tapi belakangan saya males banget dan bosen sama tumblr. Padahal disana banyak postingan berfaedah, reblog sana reblog sini. Aneh ya, di platform yang pergerakannya secepet tumblr saya malah ngerasa bosan dan lelah haha. Kalo blogspot yang sebelumnya sih udah saya museumkan karena isinya terlalu pribadi dan nirfaedah HA!

Saya pengen banget bikin blog yang isinya bukan cuma curhatan sampah tapi sesuatu yang bisa bermanfaat buat orang lain juga. Ciegitu. That's why this blog is started. Supaya pikiran saya yang suka melanglangbuana ini bisa dituangkan di wadah yang tepat dan bisa untuk self healing juga. Mengutip kata-kata mbak Dini, "Menulis adalah monolog antara diri sendiri dengan sisi lain yang lebih bijak dan bejarak."

Balik lagi soal konsul ke psikolog, sebenernya ada beberapa hal lain yang masih mau saya tanyain tapi belum sempet karena keterbatasan waktu dan berhubung saya konsulnya gratisan jadi gaenak kalo kelamaan LOL. So far so good, sih. Saya sangat berterima kasih sama sodara saya dan temennya yang rela dengerin saya ngoceh sampe ngabisin tisu. Kata sodara saya, setelah konsultasi itu saya lumayan ada perubahan like saya jadi lebih ceria, suara saya lebih kedengeran dan sebagainya meskipun saya pribadi belum merasakan itu sih. Semoga aja saya bisa terus berubah ke arah yang lebih baik. Aamiin. 

Tapi satu hal yang saya sadari: saya ternyata nggak bisa terlalu lepas untuk cerita, bahkan ke seorang psikolog sekalipun (mungkin karena ada sodara saya juga kali ya) dan saya sadar bahwa seharusnya curhat yang literally curhat itu ya memang cuma sama Allaah. Curhat sama manusia mah seperlunya aja hehehe. Allaah dulu, Allaah lagi, Allaah terus. 😊

 "Sebelum mencari bahu untuk bersandar, carilah alas untuk bersujud."
-
Unknown

 

You May Also Like

0 comments