Sebelum Antum Datang

by - July 20, 2020

Bismillah. 

Tulisan ini adalah secuil nasihat untuk para ikhwan yang tengah berikhtiar untuk menyempurnakan separuh agama. Terutama untuk antum yang mengaku pemalu, pendiam dan tidak pandai berkomunikasi. 

Let's spill the tea! ☕

Kalau antum datang ke rumah seorang akhwat, menemui walinya untuk mengutarakan niat baik, hal pertama yang harus antum lakukan adalah memperkenalkan diri secara proper dan beritahu apa tujuan kedatangan antum.

Kalau antum datang bersama keluarga, jangan menunggu keluarga antum yang memulai pembicaraan karena di sinilah mereka akan melihat inisiatif antum sebagai laki-laki, calon pemimpin keluarga untuk putri mereka.

Antum pernah wawancara kerja?
Sebelum antum diberi pertanyaan oleh pewawancara, pastinya antum diminta untuk memperkenalkan diri. Padahal mereka sudah tahu siapa nama antum, latar belakang pendidikan, skill dan yang lainnya dari CV yang mereka pegang. Kurang lebih seperti itu juga 'wawancara' saat bertemu calon mertua.

Meskipun wali si akhwat sudah tahu siapa antum dari biodata, pada pertemuan pertama antum tetap harus memeperkenalkan diri karena itu adalah basic etiquette. Kalau hal sesederhana itu aja antum nggak tahu, lebih baik antum belajar dulu daripada antum bertindak konyol di hadapan calon mertua.

Ketika antum diizinkan untuk bertamu, kemungkinannya ada dua: si akhwat sudah tertarik dengan antum atau dia belum tertarik tapi sedang memberi kesempatan. Dan ini adalah ajang untuk menunjukkan versi terbaik dari diri antum.

Tolong, jangan sekali-kali menggunakan sifat pemalu sebagai alasan untuk tidak berusaha komunikatif, karena alasan seperti itu tidak pada tempatnya.

It looks like you just don't want to put in more effort.

Kalau antum merasa akhwat tersebut tidak seistimewa itu atau tidak layak mendapatkan usaha yang lebih dari antum, maka antum juga tidak layak medapatkan usahanya untuk menerima antum. 

Just say goodbye to her. Don't waste her time.

Sekian tulisan receh ini, semoga ada manfaat yang bisa diambil meskipun saya yakin nggak ada yang baca haha. Maaf kalo kata-kata saya menyinggung karena ternyata masih ada lho ikhwan yang nggak paham soal ini 😔

Semoga Allah mudahkan urusan kita ya. Baarakallahu fiik~


* * *
Saudarimu,
انندا

You May Also Like

1 comments

  1. Btw, ada tambahan tulisannya Ukht Bela (hafidzahallah) semoga bisa menjadi sefruit inspiresyen hehe
    https://bejustbela.wordpress.com/2019/10/09/antum-laki-laki-baca-ini-ya/

    ReplyDelete